MEDIA PEMBELAJARAN
MODEL PETA TIMBUL
SATUAN PENDIDIKAN : SMP NEGERI 2 TELUKJAMBE BARAT
MATA PELAJARAN : IPS TERPADU (GEOGRAFI)
KELAS / SEMESTER : VII / I
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
KOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi,
proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
MATERI PELAJARAN : Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen
A. TUJUAN PEMBUATAN
Agar siswa dapat membedakan keadaan muka bumi akibat proses tenaga endogen dan eksogen
B. BAHAN YANG DIGUNAKAN :
1.kertas Koran bekas.
2.lem
3.cat pewarna kertas
4.triplek 1 lembar ukuran 30 cm X 40 cm
5.pinsil .
6.air
7.amplas
C. PERALATAN YANG DIGUNAKAN :
1.Penggaris
2.Kuas
3.Kaleng biscuit/ kaleng susu bekas
4.Tepung sagu
5.Ember
6.gergaji
D. CARA MEMBUAT :
1. Siapkan koran bekas kurang lebih 1 kg.rendam selama 2 hari dalam ember yang berisi air.
2.Setelah lunak, lumatkan dengan tangan samapai berupa bubuk kertas.
3.masak sagu dengan sedikit air hingga kental. kemudian angkatdan dinginkan
4.setelah dingin masukkan bubur kertas kedalam lem sagu tadi.
5.Buatlah disain peta timbul yang diinginkan diatas triplek yang sudah dipotong sesuai ukuran dengan menggunakan gergaji dan diamplas sampai bersih .
6. taruhlah bubur kertas keatas disain secara perlahan-lahan mengikuti gambar disain .
7. untuk gambar gunung ditaruh bubur kertas lebih tebal dan menonjol keatas, untuk daratan rendah cukup sedikit saja.
8. jemur peta timbul dipanas matahari hingga kering betul.
9. gunakan cat dan kuas untuk menwarnai peta sesuai dengan symbol yang ditetapkan.
E. CARA MENGGUNAKAN :
1.Guru memperlihatkan peta timbul pada siswa dalam pembelajaran di kelas dan memberikan contoh daerah yang reliefnya berbeda.
F. BUKTI FISIK
Terlampir contoh photo peta timbul Benua Asia dan Asia Selatan dan pembelajaran dengan menggunakan peta timbul dikelas
Guru Mata Pelajaran
Dra.Sitti Aisyah
NIP. 19671107 199802 2001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar